Pengalaman Interview di Starbucks


Hai semua!!

Jadi hari ini aku ingin berbagi pengalaman ku tentang bagaimana aku interview di salah satu brand café coffee yang terkenal yaitu Starbucks. Tapi sebelum itu, ijinkan aku bercerita tentang bagaimana aku bisa kepikiran untuk apply resume di Starbucks.


Jadi pada awalnya aku gabut banget tuh, abis pulang kampus (aku pulang kampus jam 2) nggak ada kegiatan apa-apa selain nonton dan scrolling-scrolling timeline (kalau nggak ada tugas). Lagi iseng-iseng scrolling nemu lah kaya semacam status gitu tentang part-time, baca baca baca timbul lah niat buat apply resume tuh ke Sbuxnya (tapi sebelum itu aku googling dulu).

Nah jadi buat kalian mahasiswa yang mungkin ingin kerja part time/full time di sbux, kalian harus nyiapin resume diri kalian, application letter, fotocopy ktp dan kartu tanda mahasiswa dan juga transkrip nilai kalian beserta foto. Nah setelah semuanya siap kalian tinggal nitip itu berkas ke gerai sbux terdekat. Aku saranin nih untuk buat CV yang job experience nya ada hubungannya dengan food and beverage.

Hari itu, di bawah sinar matahari yang terik, aku dan teman ku ingin nitip berkas di Sbux Jimbaran. Kesana lah kita, tapi kata barista nya kita disuruh untuk nitip berkas itu di Sbux Airport atau Sbux di Sunset Star karena pusat Sbux di Bali tuh disana, gitu katanya.
Okedeh kita langsung cus ke Sbux Sunset Star (kenapa nggak ke Sbux Airport? Karena nggak tau jalan kesana pake sepeda motor ^o^) nah langsung deh nitip berkasnya.
Beberapa hari kita nggak ada di telfon tuh. Trus akhirnya ada temen ku yang nyaranin aku untuk nitip resume di Sbux Airport karena Senin bakal ada interview untuk barista tuh.. 
Nah kesana deh aku buat nitip berkas sama Dimas. Awalnya aku sempet ngajakin temen ku ini, tapi katanya dia masih dikampung dan Senin baru balik ^o^ Pulang dari Airport abis naruh berkas, aku di telfon sama pihak Sbux nya katanya aku disuruh test wawancara di Sbux Sunset Star jam 3 sore. Waaaahhhhh seneng banget dong karena CV aku dipilih sama HRD nya ^^

Singkat cerita, datang lah aku ke Sbux Sunset Star. Hari itu benar-benar panas banget. Oh ya untuk interview, aku pake kemeja putih dan rok hitam juga pantofel dan rambut dikuncir kuda. Jangan lupa make up dikit ya!


Pas masuk ruang tunggu, cuma ada satu cewe yang seusiaku selain itu cowo yang kayanya lebih tua daripada aku (aku lihat dari segi body and face heheh).
Nah masuk lah mereka satu persatu sesuai urutan datang.. Di sela-sela itu, CV aku hilang dan nggak ada di daftar tunggu. Untung aja aku bawa CV cadangan, so bagi kalian yang mau interview usahakan membawa cadangan berkas ya untuk meminimalisasi kemungkinan buruk yang terjadi.
Dan…… tibalah saatnya urutan ku.
Itudah deg-degan abis!
HRD nya orang Indonesia, ramah sih.. Semua pertanyaan pakai bahasa inggris yaaaa~
Pertama aku ditanya “Siapa nama panggilannya?”  , trus “ Please introduce your self”.
Disitu masih lancar tuh aku jawabnya.. Trus ditanya deh
“Gimana jadwal sekolah kamu?” ,

“apa yang kamu ketahui tentang SBux ?” (beliau nanya ini 2 kali -__-) ,

“ Di CV kamu tulis kamu pernah jadi waitress di Majoly,coba dong ceritakan apa yang kamu dapat waktu kerja di Majoly?” (ini sebabnya aku bilang kalau di CV kamu usahakan ada job experience yang ada hubungannya dengan food and beverage karena ini yang akan di fokuskan.)

“Saya ingin tahu kemampuan bahasa inggris kamu,coba dong kamu ceritain apa aja “
dan pertanyaan kesialan aku yaitu :
“Kenapa kamu ingin bekerja disini?”, nah di pertanyaan ini aku salah jawab, aku bilang aku ingin kerja disini untuk menambah pengalaman sehingga pada saat nanti aku PKL, CV aku jadi ada nilai plus nya karena aku pernah kerja. Trus ditanya deh “emang kamu PKL semester berapa ?” Aku malah bilang semester 5!!!!

Trus HRD nya langsung bilang “Loh, gimana kamu mau kerja disini kalau kamu PKL semester 5?” 
Disitu tuh aku mau perbaiki jawaban ku, mau bilang bahwa aku PKL semester 7 tapi entah kenapa mulut ini susah banget buat ngeluarin kata-kata .. Aku sempet ngomong tapi aku lupa mulut ku ini ngeluarin kata-kata apa..
Pas wawancara itu aku gugup banget, semua vocabulary yang ada di otak ku itu menguap begitu saja jadi aku terbata-bata saat menjawab pertanyaannya.
Nah selesai lah itu sesi wawancara, endingnya bu HRD nya bilan kalau di Sbux ini kita dikontrak selama 1 tahun,dan juga bisa saja jam kerjanya 4 jam atau 9 jam tergantung kebutuan gerai dan karena aku cewe, harus ada surat persetujuan orang tua. Dan masih ada 2 tahap test lagi, jika aku lolos.

(Tapi aku tahu aku tidak akan lolos jika dilihat kemapuan ku saat menjawab pertanyaan tadi :”) )

Selesai itu, aku keluar ruangan. Tapi sebelum itu aku nggak lupa untuk berjabat tangan dengan bu HRD nya.
 Buat reader  yang mungkin berminat untuk apply di SBux, siapkan diri baik-baik ya! Belajar untuk relax dan tidak gugup seperti aku. Dan jangan mudah menyerah! Semangat ^^



Tamat.

Komentar

  1. Lah yg ga jago bhs inggris gmn nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, mending gausah yg dibutuhkan yg bisa bhs Inggris. Gapernah ke sxbucks yaa? Data2 kan costumer nya bule mas -_-

      Hapus
  2. Aku nggak pede sama kemapuan bhs inggris aku, aku kira cuma perkenalan aja

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

From Badmood to Goodmood

Pedas & Enaknya Mie Kober (Review Mie Kober Panjer)